To-Do List Before Baby Arrives

By 11/01/2015 , , , ,


Hamil yang kedua ini jauuuuh lebih hectic dibanding yang pertama karena selain masih ngurusin anak pertama tanpa babysitter, drama kehidupannya juga lebih banyak haha. Makanya banyak yang komentar kok perutnya kurang gede, kok ibunya kurang gemuk, ibunya sok diet ya etc etc yang bikin saya malah tambah gemeeees pingin nyubitin pipi yang ngasi2 komentar. DSOG saya aja Dr. Ridwan di KMC nggak mempermasalahkan pertambahan kenaikan BB ibunya yang lebih kecil dibanding kehamilan pertama. Yang penting berat badan janinnya cukup & optimal dan Alhamdulillah dari hasil USG terakhir perkiraan BBJ-nya sesuai target.

Memasuki minggu ke-36, saya masih punya to-do list yang masih panjaaaang. Trimester ketiga ini memang membuat saya terlena, ah lahiran masih lama kok pikir saya. Tau-tau dalam hitungan minggu bayi sudah siap dilahirkan ke dunia, starts from week-37. Nah lho. Beberapa to-do list ini masih berkaitan dengan urusan perlengkapan bayi yang masih belum beres, sisanya tentang urusan rumah dan target saya untuk si calon kakak.

- Laundry diaper bag, baby wrap/sling/carrier
Karena sebagian besar perlengkapan bayi jaman Gemma masih lengkap dan bagus kondisinya, item-item yang besar seperti stroller, crib, diaper bag & gendongan nggak harus beli lagi. Cuma beberapa harus di-laundry supaya bersih dan terlihat seperti baru.


- Membeli perlengkapan bayi yang kurang
Minggu lalu saya pergi ke Suzanna Baby Shop di Pondok Indah untuk membeli perlengkapan bayi seperti bottle, pacifier, cup feeder, beberapa newborn clothes, etc. Yang belum dibeli: kelambu, nursing pillow, dan bak mandi. Ada yang punya rekomendasi bak mandi yang bagus dengan senderan untuk newborn? Sempet ke IKEA juga tapi bak mandinya nggak ada senderannya.

- Sewa infant carseat
Saya menemukan banyak sekali manfaat dari penggunaan carseat sedari dini. Sejak hari pertama keluar dari rumah sakit di Corpus Christi, baby Gemma sudah menggunakan infant carseat. Hingga sekarang usianya 2 tahun dia masih mau duduk di carseatnya. Sangat memudahkan sekali ketika saya harus pergi berdua saja dengan Gemma. Insya allah untuk adiknya saya akan menerapkan hal yang sama, carseat since day-1. Cuma tampaknya saya harus memberi ekstra pengertian ke nenek2nya yang pasti bakal rebutan ngegendong cucunya saat kepulangan dari rumah sakit (wish me luck!) Setelah menimbang-nimbang, saya akan menyewa saja MaxiCosi carseat dari Babyloania karena cuma dipakai kurang lebih 8 bulan saja. Lebih hemat ketimbang beli baru dan nggak usah khawatir tentang penyimpanannya setelah selesai masa pakai.


- Steril breastpump & breastmilk storage
Setelah ngubek-ngubek lemari alhamdulillah breastpump Medela Swing saya beserta storage bottle-nya masih dalam kondisi prima, tinggal disteril saja. :D Walaupun SAHM, tapi breastpump tetap penting untuk menjaga produksi ASI plus menyiapkan ASIP untuk kondisi darurat.

- Cuci baju, bedong & selimut bayi
Ini nih yang ketunda terus karena lupa terus beli softener khusus bayi huhuhu.


- Menyiapkan crib & changing station
Minggu lalu saya ke hubby ke IKEA untuk membeli drawer tambahan yang akan dipakai untuk menyimpan perlengkapan bayi karena lemari saya & Gemma sudah terlalu penuh. Yang belum dibeli tinggal alas ganti popok dan kelambu. Crib Babybelle ex Gemma masih sangat bagus kondisinya hanya tinggal diatur ketinggiannya untuk newborn.
- Menyelesaikan administrasi keluarga (KTP & KK)
Kalo ngomongin ini pengennya bikin postingan sendiri karena perjuangan demi mendapatkan KTP & KK Jakarta sungguh penuh dengan drama huhu. Sampai detik ini KTP belum saya dapatkan. Status di kelurahan masih dalam pengajuan untuk dicetak. Padahal sudah 5 bulan saya habiskan untuk mengurus pindah KTP dari Bekasi ke Jakarta. Begitu pun dengan KTP suami karena domisili awal kita berdua sama-sama dari Bekasi. Agak hopeless dengan target KTP dan KK selesai sebelum lahiran. Padahal itu semua dilakukan supaya nanti akte lahir bayi bisa keluar secepatnya.

- Mengecat kamar Gemma & ruang tamu
Cat dan peralatan lainnya sudah dibeli dari berbulan-bulan lalu. Hanya saja susah sekali menemukan waktu luang suami untuk mengecat karena jadwal dinasnya yang makin mendekati tanggal lahiran kok malah makin padat??? Alhasil saya harus mencari tukang cat sendiri. Insya Allah minggu depan saya sudah membuat janji dengan tukang cat untuk mengecat feature wall kamar Gemma & ruang tamu supaya lebih semarak.


- Potty training Gemma & tidur pisah kamar
Alhamdulillah setelah kurang lebih seminggu, potty training Gemma mulai memperlihatkan hasil. Sekarang dia hanya pakai popok ketika tidur malam dan pergi keluar rumah. Tidur pisah kamar juga sudah saya terapkan dari sebulan lalu, tapi masih ditemani hubby. Harapannya Gemma akan bisa tidur di kamarnya sendiri tanpa ditemani.
- Menyiapkan hadiah untuk calon kakak
Terinspirasi dari postingan Arninta tentang persiapan anak pertama menjelang kelahiran adiknya, saya & suami pun berencana menyiapkan hadiah kejutan supaya dia tidak merasa tersisih dengan kehadiran adik yang baru. Hal ini juga kami sampaikan ke para kakek & nenek Gemma supaya mereka terus memberi perhatian lebih kepada cucu pertamanya. Harapannya tentu saja supaya kakak Gemma nanti bisa menyayangi adiknya dengan sepenuh hati, tanpa takut kehilangan kasih sayang dari kami semua. :)

You Might Also Like

3 comments

  1. aaahhh printilan2 bayi itu semua menggemaskan! sehat2, yaaa, Thane! <3

    ReplyDelete
  2. Hihi buni gimana program buat adeknya kami? Makasi yaaa. :*

    ReplyDelete
  3. Bajunya lucu2.. (salah focus). Ahh mbak Thane udah yang ke 2 aja nih, saya masih berjuang buat dapet yang pertama. Hehehehehe...
    Bolehlah mbak infonya itu bajunya beli dimana? (serius nanya)

    ReplyDelete

Comment